Laman

Jumat, 12 November 2010

Ngabuburit Xtreme


Kreatifitas Berbahaya yang menyedot perhatian di Ngalau Indah Payakumbuh
Banyak cara dilakukan oleh mereka yang berpuasa dalam menunggu waktu berbuka atau ngabuburit, salah satunya adalah atraksi sepeda motor oleh sejumlah remaja di kawasan Ngalau Indah Payakumbuh. Adalah 387Xtreme Payakumbuh nama komunitas sekelompok anak muda asal Situjuah ini, yang mempunyai hobi menampilkan berbagai atraksi unik di atas sepeda motor. Mereka tak mempedulikan atraksi yang mereka tampilkan akan mendapat cacian atau pujian dari orang-orang yang menontonnya. Sambil menunggu waktu berbuka, anak-anak muda yang hobi naik motor ini menampilkan kemampuan mereka di hadapan sejumlah orang.
”Kami memang sengaja berkumpul di tempat ini beratraksi sambil menunggu waktu berbuka. Ini sudah kami lakukakan bertahun-tahun,” kata Hengki, ketua komunitas ini, yang turut tampil dalam atraksi tersebut. Atraksi di atas sepeda motor yang dilakukan Hengki dan kawan-kawannya terkadang membuat ngeri orang yang melihatnya. Bayangkan saja, sepeda motor yang mereka tumpangi bisa melompat ke sana kemari seperti menari-nari.
Penampilan berbahaya yang dilakukan komunitas ini memang mampu menyedot perhatian ratusan orang yang datang dan lewat di Ngalau Indah Payakumbuh. Bagi sebagian anak muda yang tinggal di wilayah Payakumbuh dan sekitarnya, kawasan yang berada di tepi jalan Bukttinggi-Payakumbuh itu menjadi tempat favorit untuk menunggu datangnya waktu berbuka. Bagi Hengki dan kawan-kawannya, ada atau tidaknya orang-orang yang datang untuk menonton bukan masalah. Bagi mereka beratraksi seperti itu adalah untuk kesenangan semata. “Freestyle adalah hidup kami”, katanya. ”Biasanya kami kumpul di sini setiap sore,selagi tidak hujan, kami akan atraksi dan selalu mengundang perhatian. Selama bulan Puasa,ternyata lebih banyak orang yang menonton,” kata Hengki.
Hengki bercerita, komunitas anak-anak muda yang punya hobi beratraksi di atas motor ini terbentuk secara tak sengaja. ”Latar belakangnya, kami suka freestyle di sepanjang jalan di Situjuah, lalu kami di fasilitasi Forum Kreatif Muda Payakumbuh dan LimapuluhKota untuk memakai pelataran parkir ini sebagai tempat ngumpul dan latihan, akhirnya banyak yang datang menonton dan memperhatikan kami” tuturnya.
Berbicara tentang nama 387Xtreme Payakumbuh, hengki berkisah, pada awalnya mereka yang gila atraksi adalah 3 orang, karena saking gilanya mereka menamakan 387, angka 3 dari jumlah anggota pertama, yaitu, Hengki, Yudha dan Benny, dan 87 adalah angka untuk orang gila. Selanjutnya karena telah melihat penampilan mereka, akhirnya banyak anak-anak lain yang bergabung. Bahkan ada beberapa anak yang masih berumur 15 tahun dan sekolah di SMP, sudah lihai dan tidak takut untuk atraksi diatas sepeda motor.
Atraksi yang ditampilkan anak-anak dari 387Xtreme Payakumbuh ini sungguh menarik dan berbahaya. Bahkan, bagi mereka sepeda motor bagaikan sebuah mainan yang bisa diperlakukan seenaknya. Bayangkan, dengan santainya mereka standing dan menari-nari dengan sepeda motornya. Mereka juga tak segan-segan untuk standing dengan penumpang sepeda motor 4 orang. Mereka juga bisa berhenti dan mengangkat ban belakang dengan sebelah tangan.
Semakin sore, atraksi dari para penggila freestyle ini semakin heboh dan berbahaya saja, tidak jarang motor harus lepas dan terbanting ke aspal, namun untuk keamanan anak-anak 387Xtreme menggunakan helm, juga pengaman siku dan lutut. ”Untuk bisa beratraksi seperti ini, perlu latihan lama. Saya sendiri masih belajar saya sudah menghabiskan 4 motor dan sering mengalami cedera tangan atau kaki,” kata Hengki yang mengaku memulai hobinya ini sejak empat tahun lalu. Kepiawaian Hengki dan rekan-rekannya beratraksi di atas sepeda motor sore itu, ternyata bisa membuat ratusan orang berkumpul untuk melihatnya. Bahkan mereka sudah menuai prestasi karena keahliannya. “Kami terkadang juga kerap dapat panggilan untuk mengisi acara di beberapa tempat. Kami juga sudah mengikuti event freestyle, yang terakhir kami juara 1 di Pekanbaru,” ujar Hengki Bangga.
Nanda, Salah seorang pengunjung yang kebetulan hanya lewat dan ingin berbuka di sana, mengaku senang dengan atraksi yang disuguhkan, walau harus memacetkan jalan. “Mereka sungguh menghibur dan menyenangkan bisa menyaksikan penampilan seperti ini sambil menunggu berbuka puasa, sangat baik kalau mereka disediakan tempat seperti ini, apalagi kalau tempatnya lebih besar lagi,” ungkap ibu asal Padang Panjang ini.
Bobi, pemuda yang tinggal di kawasan itu mengatakan bahwa hampir setiap sore 387Xtreme main di lokasi itu. “Mereka sudah lama main disini, asal tidak hujan mereka akan atraksi, dan itu menjadi hiburan bagi kami, apalagi saat puasa, menjadikan ngabuburit lebih asyik deh.” Ungkap pemuda 16 tahun ini.
Peran Forkem
Semua itu ternyata tak lepas dari campur tangan Forum kreatifitas Muda Payakumbuh dan Limapuluh Kota (FORKEM). Forkem adalah organisasi yang bersekre di kawasan Ngalau Indah Payakumbuh. Mereka melihat potensi yang ada pada anak-anak 387Xtreme Payakumbuh ini. Organisasi yang memang mewadahi kegiatan kreatif anak muda Payakumbuh dan Limapuluh Kota ini pun mewadahi 387Xtreme. Berawal dari jalanan, selanjutnya Forkem mengusahakan agar anak-anak muda bisa latihan dan memanfaatkan pelataran parkir Ngalau Indah untuk atraksi. Anak-anak muda ini juga diikutkan event, dilibatkan pada acara-acara keramaian dan kegiatan otomotif, sehingga akhirnya komunitas ini terkenal seperti sekarang ini. “Dulu kami hanya atraksi di jalan-jalan kampung, semenjak digaet Forkem, kami lebih terarah dan bisa maju seperti sekarang ini,” ujar Hengki. (hijrah Adi Sukrial)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar