Laman

Jumat, 12 November 2010

Fahira Fahmi Idris Kuliahi Mahasiswa Unand

Padang,Padek—Barang boleh sama, namun pelayanan harus berbeda, dan tentu saja harus lebih unik dan menarik dari pada barang orang lain, itulah salah satu kita usaha yang diberikan oleh Fahira Fahmi Idris ketika memberikan kuliah umum kewirausahaan di gedung PKM Unand. Ratusan mahasiswa Unand hadir dalam acara yang digelar kemarin sore tersebut (12/11).
Dalam acara tersebut putri pengusaha Fahmi Idris ini memberikan tips-tips, langkah-langkah dan motivasi dalam berwirausaha. Ada beberapa nilai yang diajarkan Fahira agar mahaiswa sukses dalam berusaha, diantaranya selalu menciptakan sesuatu yang baru, atau inovatif, selalu bersemangat, dan berani dalam memulai usaha. Walaupun begitu tetap harus berhati-hati.
Fahira juga menceritakan pengalamannya dalam memulai usaha. Walaupun putri seorang pengusaha, dia tidak bergantung dari sang ayah, namun berani memulai usaha sendiri, seperti parsel, florist, dan lain-lain. Menurutnya hal sekecil apapun bisa jadi peluang usaha kalau kita sensitive dalam memlihat situasi. Masalah motivasi, mahasiswa dihimbau untuk bisa memotivasi diri sendiri, tanpa mengharapkan orang lain.
Secara teknis, agar usaha bisa sukses dan bisa mendapatkan rekanan yang baik, diperlukan proposal usaha yang menarik dan jelas.
Dalam berwirausaha ada beberapa hal yang harus diperhatikan, seperti pengalamannya, Fahira mengaku harus mendahulukan kepentingan konsumen. Dengan menjadikan konsumen raja akan membuat konsumen tersebut loyal. Apalagi kalau produk yang kita jual atau tawarkan bisa kita buat lebih unik dan menarik dari yang lain. “Barang yang kita jual boleh sama, namun pelayanan kita harus lebih. Barang juga harus lebih menarik dan unik,”ujar pengusaha cantik ini.
Mahasiswa berkesempatan untuk tanya jawab dengan Fahira, semua pertanyaan dijawab dengan lugas dan jelas. bagi mahasiswa yang bertanya diberi hadiah berupa keanggotaan Saudagar Muda Minang. Bahkan 3 penanya terbaik mendapatkan buku yang ditandatangani oleh mahasiswa. Mahasiswa terlihat antusias mendengar pengalaman Fahira, terbukti semua bangku terisi penuh, mahasiswa juga mengikuti acara dari awal hingga akhir. Salah seorang mahasiswa yang enggan disebutkan namanya mengaku senang bisa mengikuti acara ini. “Dengan mendengar pengalaman orang-orang sukses, setidaknya kan jadi motivasi bagi kita, apalagi uni Fahira adalah pengusaha muda, yang energik dan cantik, walaupun begitu dia tidak sombong,”ujarnya.
Di akhir acara Fahira menerima cinderamata dari rektor Unand. Fahira juga menyempatkan diri berfoto dengan mahasiswa dan dosen yang hadir.
Rektor Unand, Musliar Kasim, mengatakan semenjak adanya acara ini terbukti telah melahirkan banyak mahasiswa wirausaha di Unand. Karena selain kuliah umum, kampus juga memberikan pelatihan dan bimbingan wirausaha. “Mudah-mudahan acara ini membawa dampak baik bagi mahasiswa, sehingga bisa menciptakan lapangan kerja tanpa harus berharap jadi PNS,” ujarnya.
Sedangkan Fahira Fahmi Idris ketika ditemui usai acara mengatakan sangat senang dengan adanya acara ini. Dia melihat animo mahasiswa untuk berwira usaha sangat tinggi, terbukti dengan banyaknya yang hadir dalam kuliah umum wirausaha ini. Fahira berharap agar pihak kampus bisa memfasilitasi minat mahasiswa agar dapat wadah dengan memberikan ruang untuk melakukan bazaar dan pameran produk usaha mahasiswa itu. “Akan lebih baik lagi minat ini disalurkan dalam bentuk acara seperti bazar atau pameran, setidaknya mahasiswa punya tempat praktek ilmu dan ide mereka,”ujar pengusaha muda ini.
Sudah diterbitkan di Harian Pagi Padang Ekspres

Tidak ada komentar:

Posting Komentar